Whatever Happens

Kepadaku, dan kepada semua orang yang memerlukan.


Myself, please do not hate.

Mungkin ada beberapa orang yang tidak menyukaimu. Mungkin ada beberapa yang menganggap buruk apa yang kamu lakukan. Mungkin ada beberapa yang membenci perbuatan baikmu.

Just let them be.

Jangan dibawa hati. Sebab bila sudah masuk ke hatimu, dia akan meracuni seluruh tubuh dan jiwamu. Kamu akan marah, kesal, kecewa, untuk apa? Tidak ada gunanya bagimu, sungguh.

Alih-alih demikian, duduklah sebentar dan berpikir, betapa lebih banyak orang yang sayang padamu. Betapa banyak orang baik yang ingin kamu peluk satu-satu.

I know it's hard. Aku mengerti bahwa kata-kata mereka, bagaimanapun juga, telah menyakiti perasaanmu. Tapi ingat selalu, tidak ada seorangpun yang perjalanannya sama denganmu. Mereka punya keluarga yang berbeda denganmu. Mereka punya lingkungan yang berbeda denganmu. Mereka punya cerita hidup yang berbeda pula.

Sifat, sikap, dan perasaan mereka berbeda denganmu. Kesabaran dan toleransi mereka pun begitu. Mungkin kamu punya banyak. Mungkin kamu bisa bereaksi dengan tenang dalam segala situasi, namun banyak orang yang tidak seberuntung dirimu.

Jadi, segala kata-kata buruk mereka yang menyakiti hatimu, anggaplah sebagai suatu ketidakbijaksanaan. Mereka tidak jahat, hanya kurang bijaksana. Mereka tidak jahat, hanya kurang sabar.

Dan yakinlah bahwa membalas mereka dengan kalimat yang tak kalah buruk juga merupakan suatu ketidakbijaksanaan. Doakan saja, semoga diberi banyak kesabaran. Doakan saja, semoga mereka lebih bijaksana. Doakan saja Tuhan membuat mereka seberuntung dirimu.

So keep loving, whatever happens, because you're just that awesome.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trappsila, XI IPA 2

[Review] V-tec Artist Series Water Colours

Mas Bule